cover
Contact Name
Cacik Rut Damayanti
Contact Email
profit@ub.ac.id
Phone
+62341553737
Journal Mail Official
profit@ub.ac.id
Editorial Address
Ruang Jurnal Lt.9 Gd. E Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono 163 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 1978743     EISSN : 23384654     DOI : http://doi.org/10.21776/ub.profit
Core Subject : Economy,
corporate governance, entrepreneurship, organization and human resource management, marketing management, financial management, operation management, strategic management, information system management, tourism and taxation.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis" : 14 Documents clear
ANALISIS PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI DAN VARIABEL MIKROEKONOMI TERHADAP STRUKTUR MODAL DAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008 - 2012) Irna Wijayanti; Suhadak Suhadak; Siti Ragil Handayani
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.404 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan:  (1) pengaruh variable makroekonomi terhadap struktur modal, (2) pengaruh variabel mikroekonomi terhadap struktur modal, (3) pengaruh variabel makroekonomi terhadap kinerja perusahaan, (4) pengaruh variabel mikroekonomi terhadap  kinerja  perusahaan,  (5)  pengaruh  struktur modal terhadap  kinerja  perusahaan.  Populasi penelitian ini adalah perusahaan Sektor Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 sampai dengan tahun 2012 dengan total sampel sebanyak 9 perusahaan. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis PLS (Partial Least Square). Hasil analisis data membuktikan bahwa: (1)  variabel makroekonomi  terhadap  struktur  modal  memiliki  pengaruh  positif  yang  signifikan,  (2) variabel mikroekonomi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap struktur modal, (3) variabel makroekonomi terhadap kinerja perusahaan memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan, (4) variabel  mikroekonomi  terhadap  kinerja  perusahaan  memiliki  pengaruh negatif  dan  signifikan,  (5) variabel struktur modal memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap kinerja perusahaan.   Kata kunci: Makroekonomi, Mikroekonomi, Struktur Modal dan Kinerja Perusahaan     The objectives of this research are to analyze and explain: (1) the effect of macroeconomic on company’s capital structure, (2) the effect of microeconomic on company’s capital structure, (3) the effect of macroeconomic on company’s performance, (4) the effect of microeconomic on company’s performance,  (5)  the  effect  of  capital  structure  on company’s  performance.  The  population  of  this research are Industr Sektori companies listed on Indonesia Stock Exchange in period 2008-2012 with total sample of 9 companies. The data are analyzed by using PLS  (Partial Least Square) method. Analysis result explain that: (1) macroeconomic has positive significant affect on company’s capital structure, (2) microeconomic has positive significant affect on company’s capital structure, (3) macroeconomic has negative no significant affect on company’s performance, (4) microeconomic has negative significant affect on company’s performance, (5) capital structure has positive significant affect on company’s performance.   Kata kunci: makroeconomic, mikroeconomic, capital structure and company’s performance
PENGARUH MODAL KERJA DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2009-2012) Dwi Pratiwi Nurjanah; Suhadak Suhadak; Srikandi Kumadji
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.232 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh modal kerja dan struktur modal terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan. Populasi penelitian yang digunakan meliputi perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2009 hingga tahun 2012 dengan total sampel berjumlah 56 (14 perusahaan x 4 tahun). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) variabel modal kerja berpengaruh signifikan terhadap variabel profitabilitas, (2) variabel modal kerja berpengaruh signifikan terhadap variabel nilai perusahaan, (3) variabel struktur modal berpengaruh signifikan terhadap variabel profitabilitas, (4) variabel struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel nilai perusahaan, (5) variabel profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap variabel nilai perusahaan.   Kata kunci: modal kerja, struktur modal, profitabilitas, dan nilai perusahaan.   The objectives of this research are to analize and explain the effect of working capital and capital structure on profitability and corporate’s value. The population used on this research including miscellaneous industry listed on Indonesian Stock Exchange in the period 2009-2012 with total samples are 56 (14 companies x 4 years). The data are analyzed by using Partial Least Square (PLS) method. Analysis result proves that (1) working capital has significant affect on corporate’s profitability, (2) working capital has significant affect on corporate’s value, (3) capital structure has significant affect on corporate’s profitability, (4) capital structure has no significant affect on corporate’s value, (5) profitability has significant affect on corporate’s value.   Keywords: working capital, capital structure, profitability, and corporate’s value.
PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN STRATEGIC PARTNER HUMAN RESOURCES TERHADAP PERENCANAAN STRATEGIK DAN KINERJA ORGANISASI (STUDI PADA LOCAL COMPANY INTERNET SERVICE PROVIDER DI MALANG) Yuni Endriana; Zainul Arifin; Siti Ragil Handayani
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.994 KB)

Abstract

The purpose of this study was to test the effect of knowledge management and the human resources department ( HR ) as a strategic partner in strategic planning and organizational performance. Studies conducted in the internet service provider in the city of Malang. The results prove the knowledge management and the HR department as a strategic partner that is good and right can improve the accuracy of strategic planning, and strategic planning to improve organizational performance. Knowledge management does not directly affect the performance of the organization, but it proves that the perfect strategic planning mediate the effect of knowledge management on organizational performance. This suggests that knowledge management is not a direct determinant of the performance of the organization, but its existence became an important input from the strategic planning process in an effort to improve organizational performance. Department of Human Resources as a strategic partner also does not directly affect the performance of the organization and strategic planning proved perfectly mediate HR strategic partner relationship with organizational performance. This illustrates that the involvement of the Department of Human Resources as a strategic partner not a direct determinant of organizational performance, but the ability of the HR department as a source of strategic planning for the organization, in an effort to improve organizational performance. Based on these results that strategic planning is based on knowledge management and HR department acts as a strategic partner can be a strategic capability. Keywords : Knowledge Management, Strategic Partner Human Resource, Strategic Planning, Organizational Performance   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh manajemen pengetahuan dan departemen sumber daya manusia (SDM) sebagai mitra strategis dalam perencanaan strategis dan kinerja organisasi. Studi yang dilakukan di penyedia layanan internet di kota Malang. Hasilnya membuktikan manajemen pengetahuan dan departemen SDM sebagai mitra strategis yang baik dan tepat dapat meningkatkan akurasi perencanaan strategis, dan perencanaan strategis dapat meningkatkan kinerja organisasi. Manajemen pengetahuan tidak secara langsung mempengaruhi kinerja organisasi, tetapi membuktikan bahwa perencanaan strategis memediasi secara sempurna pengaruh manajemen pengetahuan pada kinerja organisasi. Ini menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan bukanlah penentu langsung dari kinerja organisasi, namun keberadaannya menjadi masukan penting dari proses perencanaan strategis dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi. Departemen SDM sebagai mitra strategis juga tidak secara langsung mempengaruhi kinerja organisasi dan perencanaan strategis terbukti memediasi secara sempurna  hubungan mitra strategis SDM dengan kinerja organisasi. Hal ini menggambarkan bahwa keterlibatan Departemen SDM sebagai mitra strategis bukan penentu langsung dari kinerja organisasi, namun kemampuan departemen SDM sebagai  sumber organisasi untuk melakukan perencanaan strategis, dalam upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi. Berdasarkan hasil ini bahwa perencanaan strategis didasarkan pada pengetahuan manajemen dan departemen SDM berperan sebagai mitra strategis dapat menjadi kemampuan strategis. Kata kunci : Manajemen Pengetahuan , Mitra Strategis Sumber Daya Manusia, Perencanaan Strategis , Kinerja Organisasi
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN EMOTIONAL BRANDING TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK, KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS MEREK (SURVAI PADA MEMBER KLINIK KECANTIKAN LARRISA AESTHETIC CENTER, MALANG) Ratih Prawasti; Achmad Fauzi DH; Srikandi Kumadji
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.575 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh experiental marketing, dan emotional branding terhadap kepercayaan merek, kepuasan pelanggan dan loyalitas merek. Penelitian ini menggunakan metode analisa kuantitatif. Dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pelanggan perempuan Larissa Aesthetic Center Malang. Pelanggan yang dimaksud adalah konsumen  yang  telah  lebih  dari  sekali  menggunakan  produk  dan  mengunjungi  Larissa  Aesthetic Center Malang. Sampel yang diambil dengan cara systematic sampling yaitu dengan menarik tiap elemen ke-n dalam populasi yang dimulai dengan elemen yang dipilih secara acak antara 1 dan n. Pengambilan elemen dilakukan sistematis berdasarkan waktu yaitu 10 menit artinya pengunjung yang diberikan kuisioner adalah pengunjung yang datang dalam jarak waktu 10 menit, dengan jumlah sampel 116 orang. Dari hasil analisis SEM diketahui bahwa variabel experiental marketing berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek dan juga kepuasan pelanggan. Sedangkan variabel emotional branding berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek, kepuasan pelanggan dan juga loyalitas merek.   Kata kunci : experiential marketing, emotional branding, kepercayaan merek, kepuasan pelanggan, loyalitas merek.   The purpose of this study is to explain The influence of experiental marketing, and emotional branding on brand trust, customer satisfaction and brand loyalty. This research use the method of quantitative analysis. With the population used in this study is women customers of Larissa Aesthetic Center Malang. Customer intended is the consumers that has been more than once using the product and visiting Larissa Aesthetic Center Malang. Sample is taken with systematic sampling method that is with attract each element to -n in the population  which  begins  with  randomly selected  element between  1  and  n. Element sampling  is conducted systematically based on time which is 10 minute means visitors that given a questionnaire is the visitors who came within 10 minutes, with a number of sample is  116 people. From the SEM analysis it is known that experiental marketing variable has significant influence on brand trust and customer satisfaction. whereas  emotional branding variable has significant influence on brand trust, customer satisfaction, and also brand loyalty.   Key Words : experiential marketing, emotional branding, brand trust, customer satisfaction, brand loyalty.
THE INFLUENCE OF FUNDAMENTAL FACTORS ON DIVIDEND POLICIES AND FIRM VALUE (STUDIES AT COMPANIES LISTED IN INDONESIAN STOCK EXCHANGE PERIOD 2008 - 2012) Harril Brimantyo; Suhadak Suhadak; Nila Firdausi Nuzula
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.569 KB)

Abstract

The purpose of this research is to study the influence of fundamental factors on dividend policies and firm value. There are 12 companies used as a sample of this research in period 2008-2012. The researchers used Partial Least Square (PLS) to analyze and test the relationship among variables. There are seven indicators used in this study; current ratio, debt ratio, and return on investment as fundamental factors indicators; dividend per share and dividend yield as dividend policies indicators; book value and tobin’s q as firm value indicators. Outer model result shows that debt ratio is not valid to be fundamental factors indicator because debt ratio is not significant. Inner model result shows that there are insignificant effect between fundamental factors and firm value, significant effect between fundamental factors and dividend policies, and significant effect between dividend policies and firm value. This result also supports Bird-In-The-Hand Theory from Gordon and Lintner.   Keyword:  Fundamental Factors, Dividend Policies, Firm Value
PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PENGGUNA DAN KEPUASAN PENGGUNA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NET BENEFIT PADA PENGGUNA LAYANAN MOBILE BROADBAND EVDO REV B Wira bharata; Endang Siti Astuti; Kertahadi Kertahadi
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.105 KB)

Abstract

PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PENGGUNA DAN KEPUASAN PENGGUNA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NET BENEFIT PADA PENGGUNA LAYANAN MOBILE BROADBAND EVDO REV B (STUDI KASUS PADA PENGGUNA LAYANAN MOBILE BROADBAND REV B PROVIDER SMARTFREN CABANG MALANG) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bahwa (1)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kualitas Sistem (System Quality) terhadap Penggunaan (Use). (2)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kualitas Sistem (System Quality) terhadap Kepuasan Pengguna(User Satisfaction). (3)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kualitas Informasi (Information Quality) terhadap Penggunaan (Use). (4)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kualitas Informasi (Information Quality) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). (5) Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Penggunaan (Use). (6)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). (7)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) terhadap Penggunaan (Use). (8)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Penggunaan (Use) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). (9)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) terhadap Manfaat Bersih (Net Benefit). (10)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Penggunaan (Use) terhadap Manfaat Bersih (Net Benefit). (11)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Manfaat Bersih (Net Benefit) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). (12)Menganalisis dan menjelaskan pengaruh Manfaat Bersih (Net Benefit) terhadap Penggunaan (Use). Penelitian ini adalah eksplanatory research. Pengambilan sampel dengan metode probability sampling, sehingga diperoleh sampel sebesar 75 orang responden. Metode analisis data menggunakan analisis Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1)Variabel Kualitas Sistem adalah signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Penggunaan. (2)Variabel Kualitas Sistem adalah signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Kepuasan Pengguna.(3)Variabel Kualitas Informasi adalah signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Penggunaan. (4)Variabel Kualitas Informasi adalah tidak signifikan pengaruhnya dan negatif hubungannya terhadap Kepuasan Pengguna.(5)Variabel Kualitas Pelayanan adalah tidak signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Penggunaan.(6)Variabel Kualitas Pelayanan adalah signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Kepuasan Pengguna. (7)Variabel Kepuasan Pengguna adalah tidak signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Penggunaan.(8)Variabel Penggunaan adalah tidak signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Kepuasan Pengguna.(9)Variabel Kepuasan Pengguna adalah signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Manfaat Bersih. (10)        Variabel Penggunaan adalah signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Manfaat Bersih.(11)Variabel Manfaat Bersih adalah tidak signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Kepuasan Pengguna. (12)Variabel Manfaat Bersih adalah signifikan pengaruhnya dan positif hubungannya terhadap Penggunaan.   Kata kunci: System Quality, Information Quality, Service Quality, Use, User Satisfaction, Net Benefit ,GSCA, IS Success Model.     This objective of this research are to analyze and explain (1) a significant effect of System Quality on Use, (2) a significant effect of System Quality on User Satisfaction, (3) a significant effect of Information Quality on Use (4) a significant effect of Information Quality on User Satisfaction, (5) a significant effect of Service Quality on Use, (6) a significant effect of Service Quality on User Satisfaction, (7) a significant effect of User Satisfaction on Use, (8) a significant effect of Use on User Satisfaction, (9) a significant effect of User Satisfaction on Net Benefit, (10) a significant effect of Use on Net Benefit, (11) a significant effect of Net Benefit on User Satisfaction, (12) a significant effect of Net Benefit on Use. This study is explanatory research. Sampling using probability sampling techniques. The size of samples determined 75 people. The data are analized by Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Analysis result proves that (1) System Quality significant effect on Use, (2) System Quality significant effect on User Satisfaction, (3) Information Quality significant effect on Use, (4) Information Quality did not bring any significant effect on User Satisfaction, (5) Service Quality did not bring any significant effect on Use, (6) Service Quality significant effect on User Satisfaction, (7) User Satisfaction did not bring any significant effect on Use, (8) Use did not bring any significant effect on User Satisfaction, (9) User Satisfaction significant effect on Net Benefit, (10) Use significant effect on Net Benefit, (11) Net Benefit did not bring any significant effect on User Satisfaction, (12) Net Benefit significant effect on Use.   Keywords: System Quality, Information Quality, Service Quality, Use, User Satisfaction, Net Benefit ,GSCA, IS Success Model.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT ANEKA TAMBANG TBK UNIT BISNIS PERTAMBANGAN NIKEL POMALAA SULAWESI TENGGARA) Siti Kadri Yanti Sari; Umar Nimran; Djamhur Hamid
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.302 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: 1) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap motivasi, 2) pengaruh gaya kepemimpinan transaksional terhadap motivasi, 3) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan, 4) pengaruh gaya kepemimpinan transaksional terhadap kinerja karyawan, dan 5) pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode penelitian analisis jalur (path analysis). Metode pengumpulan data menggunakan survey dan kuesioner yang diuji secara validitas dan reliabilitas yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 81 karyawan PT Antam Pomalaa pada divisi Human Resource and Coorporate social Responsibility. Metode analisis yang digunakan adalah Generalized Structured Component Analysis (Gsca) dengan software GeSCA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan, baik transformasional maupun transaksional berpengaruh positif terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Artinya, semakin baik gaya kepemimpinan yang diterapkan baik transformasional maupun transaksional dapat meningktakan motivasi dan kinerja karyawan. (2) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh dominan terhadap motivasi dan kinerja karyawan.   Kata Kunci : Transformasional, transaksional, motivasi, dan kinerja karyawan   The objectives of this research are to analyze and explain: 1) the influence of transformational leadership style toward motivation, 2) the influence of transactional leadership style toward motivation, 3) the influence of transformational leadership style toward staff performance, 4) the influence of transactional leadership style toward staff performance, and 5) the influence of motivation toward staff performance. This method of this research was explanatory research by using path analysis research method. The data collection method used survey and questionnaire which was tested in validly and reliable way through questionnaires to the 81 employees work at PT Antam Pomalaa. The analysis method used is the Generalized structured component analysis (Gsca) with software GeSCA. The result of research showed that : (1) leadership, both transformational and transactional positive effect on motivation and performance of employees. That is, the better the leadership style applied to both transformational and transactional can drive the motivation and performance of employees. (2) the dominant effect of transformational leadership style on employee motivation and performance.   Key Words: Transformational, transactional, motivation, and performance
THE INFLUENCE OF CORPORATE GOVERNANCE ON FINANCIAL PERFORMANCE AND FIRM VALUE OF THE NATIONAL BANKS (STUDIES IN BANKING COMPANIES LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE) Anandhayu Mahatma Ratri; Eko Ganis Sukoharsono; Siti Ragil Handayani
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.195 KB)

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  untuk menganalisis  dan menjelaskan pengaruh tata  kelola perusahaan terhadap   kinerja  keuangan,  tata  kelola perusahaan  terhadap   nilai  perusahaan,  dan  kinerja keuangan  terhadap nilai  perusahaan pada  perusahaan perbankan  yang listing  di Bursa  Efek Indonesia periode 2010 – 2012. Penelitian  ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode  analisis  explanatory  research.   Analisis  data pada  penelitian  ini  menggunakan  PLS. Sampel yang  digunakan  dalam penelitian  ini  sebanyak  22  perusahaan.  Hasil  penelitian  dari analisis PLS menunjukkan bahwa  tata  kelola  perusahaan berpengaruh  negatif  dan signifikan terhadap  kinerja keuangan,  sehingga  semakin baik tata  kelola perusahaan tidak akan membuat kinerja keuangan pada perusahaan perbankan menjadi baik, bahkan menurun. Penelitian ini juga menunjukkan  bahwa  tata  kelola  perusahaan  berpengaruh   negatif  dan  tidak signifikan,  yang berarti semakin baik tata kelola perusahaan akan menurunkan nilai perusahaan pada perusahaan perbankan.  Hasil penelitian yang terakhir  menunjukkan bahwa  terdapat  pengaruh  yang positif dan signifikan antara  kinerja keuangan dan nilai perusahaan, yang berarti  bahwa semakin baik kinerja keuangan suatu perusahaan maka akan semakin baik pula nilai perusahaannya.   Kata kunci: Tata Kelola Perusahaan, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan       The purpose of this research is to analizing and explaining the influence of corporate governance on financial performance, corporate governance on firm value, and financial performance on firm value of banking companies listed in Indonesia Stock Exchange period 2010 – 2012. This research uses quantitative research with methods of explanatory research. Data analysis in this research uses PLS. Samples that used in this research amount 22 companies. The result from PLS analysis shows that corporate governance has negative influence and significant on financial performance, so better corporate  governance  did not make  financial  performance  of of banking companies become good, even decrease. This research also shows that corporate governance has negative influence and insignificant on firm value, that meaning better corporate governance can decrease the firm value. Last result shows that financial performance has positive and significant influence on firm value, that meaning better financial performance of company also better the firm value.   Keywords: Corporate Governance, Financial Performance, Firm Value
ANALISIS PENGARUH FAKTOR MIKRO DAN MAKRO EKONOMI TERHADAP STRUKTUR MODAL DAN NILAIPERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA(BEI) PERIODE TAHUN 2007-2011) Arie Ika Stiowati; Suhadak Suhadak; Srikandi Kumadji
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.447 KB)

Abstract

Tujuan penelitian yaitu, (1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel mikro, terhadap variabel struktur modal perusahaan, (2) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel makro ekonomi terhadap variabel struktur modal perusahaan, (3) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel mikro terhadap variabel nilai perusahaan, (4) untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel makro ekonomi terhadap variabel nilai perusahaan, dan (5), untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel struktur modal terhadap variabel nilai perusahaan. Populasi penelitian yang digunakan meliputi perusahaan industri otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2007 hingga tahun 2011 dengan total sampel berjumlah 8 perusahaan. Analisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan (1) variabel mikro berpengaruh secara signifikan terhadap variabel struktur modal, (2) variabel makro ekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel struktur modal, (3), variabel mikro berpengaruh secara signifikan terhadap variabel nilai perusahaan, (4) variabel makro ekonomi berpengaruh secara tidak signifikan terhadap variabel nilai perusahaan, dan (5) variabel struktur modal berpengaruh secara signifikan terhadap variabel nilai perusahaan   Kata kunci: faktor mikro, faktor makro ekonomi, struktur modal dan nilai perusahaan.     The objectives of this research are (1) to analyze and explain the effect of following variables on company’s capital structure: micro (2) to analyze and explain the effect of following variables on company’s capital structure: company economic macro, (3) to analyze and explain the effect of following variables on company’s value: micro, (4)  to analyze and explain the effect of following variables on company’s value: economic macro (5) to analyze and explain the effect of company’s capital structure on company’s value. The population used on this research including automotive and component companies listed on Indonesian Stock Exchange Index in the period 2007-2011 with total sample of 8 companies. Analyzed by using Partial Least Square (PLS) method. Analysis result proves that (1) micro significantly affect company’s capital structure, (2) economic macro significantly affect company’s capital structure, (3) micro significantly affect company’s value, (4) macro economic is not significant affect company’s value, and (5) capital structure significantly affect a company’s value.   Keywords: micro factors, macro-economic, capital structure, and company’s value.
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN NON-BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA INDEKS LQ 45 PERIODE 2009-2011) Lintang Edityastono; Suhadak Suhadak; Darminto Darminto
PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : FIA UB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.067 KB)

Abstract

Penerapan  dan  pengelolaan  GCG  merupakan  sebuah  konsep  yang menekankan  pentingnya  hak pemegang saham untuk memperoleh informasi dengan benar, akurat, dan tepat waktu. GCG juga menunjukkan kewajiban perusahaan untuk mengungkapkan (disclosure) semua informasi kinerja keuangan perusahaan secara akurat, tepat waktu dan transparan. Financial leverage merupakan salah satu pendukung bagi terciptanya program GCG yang baik di perusahaan, sebagai kontrol terhadap tindakan oportunis manajemen, sehingga dapat meningkatkan Kinerja Keuangan dan memberikan sinyal yang baik untuk investor melalui nilai perusahaan. Populasi penelitian yang digunakan meliputi perusahaan non-bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Indeks LQ 45 selama tahun 2009 hingga tahun 2011 dengan total sampel berjumlah 18 perusahaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) Variabel Good Corporate Governance (GCG) secara signifikan berpengaruh positif terhadap variabel Kinerja Keuangan, (2) Variabel Good Corporate Governance (GCG) tidak signifikan berpengaruh terhadap variabel Nilai Perusahaan, (3) Variabel Financial Leverage secara signifikan dan negatif berpengaruh pada Kinerja Keuangan Perusahaan, (4) Variabel Financial Leverage secara signifikan dan negatif berpengaruh pada Nilai Perusahaan. (5) Variabel Kinerja Keuangan Perusahaan secara signifikan dan positif berpengaruh pada Nilai Perusahaan.   Kata Kunci : GCG, Financial Leverage, Kinerja Keuangan Perusahaan, Nilai Perusahaan, Agency Theory, Asymmetric Information Theory, Trade-Off Theories     Implementation  and  management  of  corporate  governance  is  a  concept that  emphasizes  the importance of shareholder rights to obtain information with true, accurate, and on time. GCG also shows the company's responsbility to disclose (disclosure) all the company's financial performance information in an accurate, timely and transparent. Financial leverage is supporting the creation good corporate governance in the company to be good, as the control of opportunistic actions of management. Which can improve the  financial performance and provide a good signal to investors through a company's value. The study population used include non - bank firms listed on the Indonesia Stock Exchange LQ 45 index during 2009 to 2011 with a total sample amounted to 18 companies . Data were analyzed by using Partial Least Square ( PLS ) . The Result  proves that ( 1 ) Variable Good  Corporate  Governance  (  GCG  )  is  significantly  positive  effect  on  financial  performance variables , ( 2 ) Variable Good Corporate Governance ( GCG ) does not significantly affect the Company's value variable, ( 3 ) Financial Leverage Variables significantly and negative effect on the Company's financial performance , ( 4 ) Financial Leverage Variables significantly and negatively affect the Company's value . ( 5 ) Corporate Financial Performance Variables significantly and positively affect the Company's value .   Keywords: GCG, Financial Leverage, Corporate Financial Performance, Corporate Value, Agency Theory, Asymmetric Information Theory, Trade-Off Theories

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 2 (2023): PROFIT : Jurnal Adminsitrasi Bisnis Vol. 17 No. 1 (2023): PROFIT : Jurnal Adminsitrasi Bisnis Vol. 16 No. 2 (2022): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 16 No. 1 (2022): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 15 No. 2 (2021): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 15 No. 1 (2021): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 14 No. 2 (2020): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 14 No. 1 (2020): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis 2020: SPECIAL ISSUE (EKOSISTEM START UP) Vol. 13 No. 2 (2019): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 13 No. 1 (2019): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 12 No. 2 (2018): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 12 No. 1 (2018): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 11 No. 2 (2017): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 11 No. 1 (2017): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 10 No. 2 (2016): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 10 No. 1 (2016): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9 No. 2 (2015): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9 No. 1 (2015): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 8 No. 2 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 8 No. 1 (2014): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 7 No. 2 (2013): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 7 No. 1 (2013): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 2 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 1 (2012): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 4 No. 1 (2010): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 2 No. 1 (2008): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 2 (2007): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2007): PROFIT : Jurnal Administrasi Bisnis More Issue